Permainan Kartu Bridge: Sejarah Singkat Hingga Cara bermainnya

INFO88 – Permainan kartu Bridge merupakan salah satu permainan yang masuk kedalam kategori olahraga. Permainan kartu ini cukup populer dan banyak orang yang sudah memainkannya. Berikut ini kami tampilkan ulasan mengenai sejarah singkat dan cara bermain permainan kartu Bridge ini yang wajib kalian ketahui.

Olahraga Bridge merupakan permainan kartu yang mengandalkan trik permainan dan keberuntungan seorang pemain. Permainan ini dimainkan dengan 4 orang pemain yang saling berhadapan untuk memperoleh kemenangan.

Permainan Bridge ini memiliki sejarah yang Panjang dan diakui oleh dunia hingga menjadikan permainan kartu ini menjadi cabang olahraga.

Sejarah Bridge ini berawal dari abad ke-16 dimana ketika permainan ini diciptakan yang disebut pada awalnya Whist. Selama 2 abad, permainan ini mengalami perubahan dan perkembangan.

Publikasi yang dilakukan kepada permainan ini secara luas pertama kali dari buku Edmon Hoyle pada tahun 1742. Sebenarnya ada banyak teori tentang permainan kartu ini, namun kemungkinan besar permainan ini awal mulanya dari Rusia karena jauh sebelum muncul permainan kartu Bridge ini, Rusia telah memainkan permainan kartu yang mirip dengan Bridge.

Kemudian permainan ini menyebar luas ke Mesir, Turki yang dibawa oleh para diplomat dan tentara. Setelah itu, muncullah di Eropa lebih tepatnya di Paris dan London dan di kota New York.

Buku pertama yang menggambarkan bagaimana bermain dan aturan bermain permainan kartu Bridge ini adalah buku yang diterbitkan pada tahun 1886 yang berjudul Biritch or Russian Whist.

Pada tahun 1928 dan 1929 Ely Culbertson menciptakan American Bridge League dan edisi pertama The Bridge World yang merupakan peran penting dalam evolusi olahraga Bridge ini dan Charles Goren kemudian melanjutkan perkembangan kartu Bridge ini.

Pada tahun 1958, World Bridge Federation didirikan dan menandai bahwa permainan ini cukup serius untuk dijadikan sebagai salah satu cabang olahraga. Walapun permainan Bridge ini belum masuk ke pertandingan olimpiade namun International Olympic Committee atau IOC telah mengakui permainan ini.

Bahkan di Asian games 2018 yang diselenggarakan di Jakarta-Palembang sudah mempertandingkan olahraga ini untuk pertama kalinya.

Belum dapat dipastikan kapan tepatnya permainan kartu ini masuk ke Indonesia namun, menurut perkiraan olahraga ini masuk ke Indonesia dibawa oleh orang Eropa atau orang Belanda pada tahun 1880.

Cara Bermain Kartu Bridge

Untuk cara bermain permainan kartu Bridge ini adalah sebagai berikut
1. Pemain didalam permainan ini berjumlah 4 orang dimana posisi duduk setiap pemain searah dengan mata angin yang berbeda yaitu Timur, Selatan, Barat, Utara.
2. Pemain Utara dan Selatan merupakan pasangan setim begitu juga dengan Timur dan Barat. Sehingga, setiap tim berhadapan langsung.
3. Setiap pemain didalam permainan ini akan diberikan 13 kartu dan pemain harus memastikan apakah jumlah kartu yang diberikan sesuai apa tidak.
4. Setelah itu, pemain akan menghitung HCP-nya dan menulis di tempat yang telah disediakan.
5. Pasangan dengan jumlah HCP terbanyak akan menentukan kontrak didalam permainan ini yang disebut sebagai Declarer dan yang tidak menentukan kontrak disebut sebagai Dummy.
6. Dummy harus menuliskan distribusinya ditempat yang telah disediakan sebelum kontrak ditentukan dan kemudian Declarer akan menentukan konrak sesuai dengan ketentuan yang ada.
7. Kemudian setelah kontrak ditentukan, pemain disebelah kiri Declarer akan mengeluarkan kartu pertamanya dan setelah itu terjadi Dummy akan membuka kartu nya dan menyusun di meja hingga semua pemain melihatnya.
8. Semua pemain dalam olahraga ini akan mengeluarkan kartu mengikuti jenis yang telah dikeluarkan oleh lead dan ketika sudah tidak ada mereka boleh mengeluarkan jenis kartu lain.
9. Pemain yang dapat mengelaurkan kartu yang nilainyallebih tinggi berhak mengeluarkan kartu selanjutnya dan mendapatkan trik.
10. Ketika pemain mendapatkan trik maka kartu yang sudah dikeluarkan dapat disusun secara vertikal. Namun jika tidak mendapatkan trik kartu dapat disusun secara horizontal.
11. Diakhir permainan pasangan Declarer akan menghitung jumlah keseluruhan triknya dan pemain Declarer yang telah menentukan kontrak akan mendapatkan poin jika jumlah trik lebih besar atau sama dengan jumlah kontrak. Jika trik kurang dari kesepakatan kontrak maka defenderlah yang akan mendapatkan poin.

Itu dia sejarah singkat mengenai permainan kartu Bridge dan cara bermain kartu Bridge yang mudah untuk kamu pahami. Kesimpulannya, jenis permainan ini merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak diminati oleh masyarakat dan sering dimainkan oleh orang-orang. Semoga ulasan ini dapat membantu kalian.