Terupdate, Begini Cara Bermain Solitaire Dengan Variasi Yang Berbeda


INFO88 – Buat kalian pemain Solitaire pastinya sudah tau bahwa jenis permainan ini memiliki banyak variasi yang patut kalian coba. Berikut ini kami tampilkan ulasan cara bermain Solitaire dengan variasi Klondike, Freecell, Spider, Piramida, Golf.

Solitaire sendiri dulunya sangat populer pada tahun 90-an sampai 2000-an dengan genre permainan kartu klasik. Permainan ini mengandalkan 52 jenis kartu standar dan dapat dimainkan oleh 1 orang maupun bersama teman.

Tujuan didalam permainan ini adalah untuk menciptakan tumpukan kartu dengan masing-masing tumpukan terdiri dari kartu As dan berakhir di kartu King.

Solitaire memiliki beberaapa jenis variasi permainan yang dapat kalian coba sesuai dengan kemampuan dan minat pemain dalam memainkan permainan ini.

1. Variasi Klondike

Didalam variasi permainan ini pemain dapat memulai dengan menempatkan satu kartu diatas meja dibagian depan pemain dan menghadapkan ke atas atau dibiarkan terbuka. Kemudian tempatkan enam kartu disebelah kiri namun menghadap kebawah atau tertutup.
Selanjutnya kartu pertama yang pemain tempatkan pindahkan menghadap ke kartu yang tersisa. Tambahkan kartu lain dengan menghadap kebawah dengan menyisakan tempat sedikit kebawah dan membuat kolom. Lanjutkan kembali dengan menempatkan satu kartu terbuka dan tambahkan kartu tertutup ke kartu lainnya.

Yang harus pemain lakukan adalah menempatkan semua kartu pada 4 kartu As yang berbeda. Kartu As akan muncul kapan saja dan pemain harus mencoba membuat 4 urutan yang cocok dari kartu As ke Raja.
Ketika pemain menemukan As, letakkan disamping dan tambahkan kartu selanjutnya. Ketika pemain dapat menggunakan kartu menghadap ke atas atau terbuka, pemain dapat membuka kartu yang ada dibawahnya.

Sama seperti permainan Solitaire biasa, pemain dapat membuka basis baru dan menempatkan raja disana Ketika berhasil membuka kartu dasar dan memiliki enam atau kurang pangkalan.

2. Variasi Freecell

Variasi Freecell merupakan salah satu variasi tersulit yang ada dipermainan ini. Tujuan didalam permainan ini sama seperti tujuan permainan Solitaire yaitu membuat tumpukan masing-masing jenis kartu dalam urutan menurun.

Cara bermain menggunakan versi ini ialah pemain dapat membagikan terlebih dahulu semua jenis kartu kedalam delapan tumpukan kartu. Kemudian, empat tumpukan kartu dibuat dengan 7 kartu dan empat tumpukan kartu selanjutnya mempunyai 6 kartu dan semuanya harus dengan keadaan terbuka.

Pada variasi ini tidak akan ada yang menjadi tumpukan kartu cadangan karena semua kartu harus masuk menjadi tumpukan kartu.

Dalam variasi ini akan ada 4 tempat dibagian atas yang menjadi tempat penampung sementara. Pemain hanya dapat memainkan kartu teratas kedalam salah satu tempat penampung sementara kartu sehingga pemain dapat memainkan kartu yang ada diabawahnya.

3. Variasi Spider

Variasi selanjutnya yaitu variasi Spider dimana variasi harus menggunakan dua set kartu. Cara untuk memainkan variasi ini adalah pemain membuat sepuluh tumpukan jenis kartu, di mana 4 tumpukan berisi enam kartu dan 6 tumpukan lainnya berisi 5 kartu. Kartu teratas dari tiap jenis tumpukan kartu dibiarkan terbuka dan sisa kartu lainnya dibuat kedalam tumpukan kartu cadangan.

Tujuan didalam variasi ini adalah untuk membuat urutan kartu menurun dengan masing-masing berjenis yang sama dimulai dari kartu king dan As pada sepuluh tumpukan kartu.

Ketika pemain telah menyelesaikan satu tumpukan dengan urutan menurun, pemain dapat melanjutkan permainan dengan menempatkannya ke dalam salah satu dari delapan tempat penampung.

Pemain juga dapat menciptakan tumpukan yang lebih kecil dan menempatkannya kedalam kartu 10 hati ataupun jenis kartu lain untuk membuat tumpukan kartu kecil lainnya.

Variasi permainan ini akan berakhir Ketika semua tempat penampung sudah terisi.

4. Variasi Piramida

Tujuan didalam variasi ini adalah untuk menyingkirkan semua kartu dari piramida dan menempatkannya ke dalam tumpukan kartu cadangan dann menciptakan pasangan kartu yang memiliki nilai 13.

Cara bermain untuk variasi ini adalah pemain terlebih dahulu membagikan 28 kartu dengan keadaan terbuka menjadi berbentuk piramida. Kartu-kartu tadi kemudian ditumpuk sehingga baris-baris nya terdiri dari 1 kartu, lalu 2 kartu, lalu 3 kartu hingga menjadi 28 kartu yang disusun menjadi piramida. Setiap baris menutupi sebagian baris yang ada diatasnya.

Selanjutnya pemain membuat tumpukan kartu cadangan menggunakan kartu yang tersisa. Singkirkan satu demi satu kartu.Pemain hanya dapat menyingkirkan kartu dengan nilai yang sama dengan 13 seperti King ataupun penjumlahan kartu lainnya.

Jika tidak ada kartu yang dapat dipasangkan, pemain dapat membuka kartu cadangan. Saat semua kartu cadangan habis, pemain dapat mengambil kartu-kartu tadi dari tumpukan kartu buangan dan mengembalikan kartu tersebut ke tumpukan cadangan hingga pemain dapat menyingkirkan kartu dari piramida.

5. Variasi Golf Solitaire

Variasi ini bertujuan untuk memindahkan semua kartu yang terbuka yang berada di tujuh tumpukan kartu. Cara bermain menggunakan variasi ini adalah, pemain membagikan kartu menjadi 7 tumpukan dengan berisi 5 kartu. Semua kartu harus dibagikan secara terbuka dan kartu lainnya ditutup untuk ditumpukan kedalam tumpukan akrtu cadangan.

Kemudian kartu teratas dibalikkan dari tumpukan kartu cadangan dan pindahkan dengan sembarang arah kartu terbuka dari 7 tumpukan kartu berdasarkan kartu yang telah pemain ambil dari tumpukan kartu cadangan.

Ketika pemain tidak bisa memainkan kartu lagi, balikkan kartu berikutnya dari tumpukan kartu cadangan dan pindahkan Kembali secara sembarang arah yang dapat menampung kartu baru tersebut. Begitu seterusnya hingga pemain telah memindahkan semua kartu yang terbuka atau pemain tidak dapat melanjutkan permainan lagi.

Nah itu di acara bermain Solitaire dengan jenis variasi yang berbeda dan tentunya dapat kalian coba saat melakukan permainan ini. Semoga ulasan ini dapat membantu kalian untuk memilih variasi mana yang akan mainkan dalam permainan ini dan selamat mencoba!